Struktur Lembaga

PENASIHAT

Prof. Bambang Shergi Laksmono, M.Sc

Guru Besar FISIP Universitas Indonesia

SUPER TEAM

Fulgensius Surianto

Fulgensius Surianto meraih gelar Master di bidang Ilmu Kesejahteraan Sosial dengan spesialisasi Perencanaan dan Evaluasi Program Pembangunan Sosial di Universitas Indonesia. Setelah menamatkan pendidikan Magister, dia menjadi peneliti di bidang kebencanaan di Universitas Indonesia. Selain itu, dia biasa memberikan pelatihan tentang penelitian sosial kepada mahasiswa magister dan doktoral Ilmu Kesejahteraan Sosial, Universitas Indonesia. Dia juga mengajar (MK Penelitian Kualitatif) mahasiswa Magister Ilmu Keperawatan dan pembimbing metodologi bagi mahasiswa Sarjana Keperawatan di Sint. Carolus, Jakarta. Tidak hanya itu, dia sering memberikan pelatihan tentang penggunaan aplikasi (NVivo, SPSS, Amos) dalam manajemen dan analisis penelitian serta manajemen data referensi (Endnote, Mendeley) kepada para dosen, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Di luar lingkungan kampus, dia sering bekerja sama dengan berberapa NGO sebagai konsultan, peneliti, dan trainer penelitian. Dia juga pernah terlibat dalam membangun sistem aplikasi berbasis kinerja di Kementerian/Lembaga. Pernah melakukan evaluasi kebijakan pembangunan infrastruktur dan juga evaluasi implementasi dokumen perencanaan jangka panjang Polri. Hingga saat ini sedang mengerjakan beberapa projek penelitian dengan beberapa kementerian/lembaga.   

Di samping itu, dia masih aktif di dunia tulis-menulis sebagai editor buku, konsultan publikasi, bahkan penulis beberapa judul buku yang ditulis bersama. Salah satu buku terakhir adalah Bunga Rampai Riset Kebencanaan UI yang diterbitkan oleh UI Press. Keseriusannya dalam menekuni dunia tulis-menulis dimulai sejak masih berstatus mahasiswa filsafat di STFK Ledalero, NTT.

Harrys Mbon

Harrys menyelesaikan studi sarjana (S1) bidang Filsafat di STFK Ledalero, Flores. Setelah itu dia melanjutkan studi pascasarjana (S2) di Universitas Indonesia, jurusan Hubungan Internasional dengan konsentrasi pada studi Masyarakat Transnasional (Mastrans). Selain sebagai peneliti di Areopagus Indonesia, saat ini dia aktif bekerja sebagai dosen mata kuliah Ilmu Politik, Logika, dan Sosiologi di Kalbis Institute, Jakarta. Hingga saat ini sedang terlibat dalam penelitian dengan beberapa lembaga pemerintahan.

Harrys memiliki minat terhadap kajian politik dan sosial. Ia pernah melakukan penelitian tentang Program Bantuan Luar Negeri USAID terkait demokrasi dan good governance di Papua dan research paper tentang Keadilan Lingkungan Internasional.

Mus Jemarut

Mus memiliki gelar Magister Hukum di bidang Hukum Bisnis, Universitas Indonesia. Dia juga meraih gelar sarjana filsafat di STFK Ledalero. Dia memiliki pengalaman bekerja sebagai Staf HRD di perusahan swasta asing dan nasional. Saat ini, dia menjabat sebagai Legal HRD di Perkumpulan Strada, Jakarta. Dia juga sangat mendalami bidang ketenangakerjaan, baik apek hukum maupun pemberdayaan sumber daya manusia.

Redem Kono

Redem bergelar Magister Filsafat setelah menyelesaikan kuliah pascasarjana (S2) di STF Driyakara, Jakarta. Sebelum menyelesaikan Magister. Filsafat, Redem kuliah ilmu yang sama (Filsafat) di STFK Ledalero. 

Ketertarikannya pada dunia filsafat dan kepeduliannya terhadap berbagai permasalahan sosial telah menginisiasinya menulis sebuah buku yang berjudul “Senandung Suara-Suara Minor (Will Kymlica tentang Hak-Hak Minoritas dan Relevansinya dalam Konteks Indonesia)”. Redem juga aktif menulis di media-media lokal dan nasional, majalah kampus, jurnal-jurnal ilmiah, dan aktif dalam berbagai kelompok diskusi dan advokasi masyarakat. Tidak hanya itu, redem juga terlibat dalam berbagai penelitian dengan lembaga pemerintah.

Saat ini Redem bekerja sebagai dosen di Kalbis Institute, Direktur Humas dan Publikasi di Vox Point Institute, dan Anggota Aliansi Jurnalis Kebangsaan. 

Arman Suparman

Armand memiliki latar belakang pendidikan sebagai seorang sarjana Filsafat di STFK Ledalero dan magister sosiologi di Universitas Indonesia. Ia memiliki pengalaman bekerja sebagai editor buku. Saat ini, selain sebagai peneliti di Areopagus Indonesia, ia aktif bekerja sebagai peneliti di Komite Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD) dan dosen ilmu sosiologi di Kalbis Institute, Jakarta.

Armand telah melakukan sejumlah penelitian ke daerah-daerah dan aktif menulis di media-media nasional, khususnya terkait permasalahan tata kelola ekonomi dan otonomi daerah.

Nus Daso

Nus Daso adalah lulusan sarjana Filsafat di STFK Ledalero, Flores. Saat ini ia sedang melanjutkan studi pascasarjana jurusan Antropologi di Universitas Indonesia.

Nus memiliki minat pada isu-isu sosial, budaya dan politik. Minat ini diimplementasikannya dengan terlibat dalam berbagai organisasi kemahasiswaan. Ia memiliki pengalaman berorganisasi dengan menjadi ketua PMKRI Cabang Maumere periode 2014-2015 dan juga sebagai Pengurus Pusat PMKRI Pusat saat ini.

Nus juga terlibat dan bekerja sama dengan Plan dan Wahana Visi Indonesia dalam isu kesehatan dan pendidikan anak usia sekolah melalui survei atau penelitian dan pelatihan-pelatihan.