Ahok

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Ada hal mengejutkan dari hasil survei yang dirilis Lembaga Areopagus Indonesia mengenai kandidat Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), nama mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok masuk dalam 10 besar calon gubernur tanah Flobamora yang paling dikenal netizen.
“Yang mengejutkan ada nama Ahok dengan perolehan suara 5,3 persen,”ujar Direktur Lembaga Areopagus Indonesia Yanto Fulgenz saat berbincang dengan Tribunnews, Selasa(30/5/2017).
Karakter kepemimpinan Ahok yang tegas dan antikorupsi membuat netizen memberikan dukungan kepada mantan Bupati Belitung Timur ini menjadi Gubernur NTT.
Diketahui warganet yang paling banyak mendukung Ahok untuk menjadi calon Gubernur NTT berasal dari Manggarai sebanyak 36,4 persen, diikuti Sikka 13,6 persen, Kota Kupang 9,1 persen dan Manggarai Timur dan Manggarai Barat sebanyak 9,1 persen.
Survei yang diadakan Areopagus dilakukan dengan dana pribadi para peneliti dengan tujuan mengidentifikasi lebih awal bakal calon, karakteristik netizen dan persoalan yang menarik perhatian warganet.
Populasi dalam survei ini lanjut Yanto adalah netizen yang berasal dari NTT, baik yang berdomisili di NTT atau di luar NTT.
Survei dilakukan sejak 23 April sampai dengan 13 Mei 2017 dengan jumlah 436 responden.
“Kita memakai nonprobability sampling, khususnya teknik sampling aksidental atau konvenian,”kata Yanto.
Sementara untuk pengumpulan data menurut Yanto menggunakan kuesioner dan disebarkan kepada netizen yang berasal dari NTT melalui media sosial.
“Juga dibagikan ke grup-grup media sosial netizen NTT,”ujar Yanto.
Berikut ini 10 besar urutan calon gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) berdasarkan survei Areopagus yang dikutip dari situs areopagusindonesia.com :
1. Boni Hargens 20,8 persen
2. Benny K Harman 14,6 persen
3. Raymundus Fernandes 13,4 persen
4. Eston Foenay 6,7 persen
5. Kristo Blasin 5,3 persen
6. Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok 5,3 persen
7. Melky Lakalena 5 persen
8. Andre Garu 3,3 persen
9. Robert Marut 3,1 persen
10.Marianus Sae 3,1 persen

Sumber: http://www.tribunnews.com/regional/2017/05/30/ahok-masuk-10-besar-calon-gubernur-ntt-terpopuler-versi-dunia-maya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here